Selasa, 14 April 2015

Cepat mencatat cepat mengolah data


Hurry up!!

Huy teman teman saya kembali. Ahay..!!
Are you ready to read again?

 Ok di catatan sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang pengertian administrasi..
Ya..sangat sedikit bahkan...
Dan atas permintaan teman- teman saya, mereka meminta lebih gamblang tentang administrasi kali ini saya akan berbagi sedikit dari pengalaman saya.

Setelah kalian menjadi admin, akan ada banyak tugas untuk kalian dan siap atau tidak siap..mari kita hadapi.
Secara luas admin bertugas sebagai tukang catat atau merekap namun terkadang kita harus terjun langsung untuk mencari data.
Sedikit Tips untuk teman- teman yang sering mengalami hal ini..

1. Siapkan Buku catatan

Ini baik untuk anda jika kita dihadapkan dengan segudang tugas, mungkin hari- hari pertama anda akan bisa mengingat tugas tugas yg di berikan oleh atasan anda, namun percaya atau tidak jika hal ini terus berlanjut anda akan mulai mengalami pikun (sebutan untuk orang yg pelupa dalam bahasa sunda)
Ada baiknya anda mencatat semuat tugas- tugas anda, agar anda tidak lupa dan andapun bisa me review hasil kerja anda selama seharian.
Ingat terkadang tugas administrasi itu tidak banyak namun, mereka membutuhkan waktu yang lama untuk di analisa, so dengan mencatat semua tugas-tugas dan mereview nya ini akan membantu anda untuk melihat kemampuan anda dalam menjalankan sebuah tugas itu membutuhkan waktu berapa lama.

2. Mereview hasil kerja

 Langkah kedua jika sudah di catat review lah hasil kerja anda, dari segi waktu apakah anda terlalu lama mengerjakan sebuah tugas, atau adakah tugas yg meleset sehingga membuat anda lama dalam menyelesaikan tugas.
Jika anda melakukan ini tentu pastinya anda bisa melihat kemampuan diri anda dan jangan berhenti disitu ada bisa memulai target baru.
Contoh :
Dalam mengerjakan sebuah laporan misalnya anda minggu lalu anda perlu menghabiskan waktu 2 jam,nah untuk meningkatkan kemampuan anda pacu lah diri anda dengan menetapkan target menyelesaikan tugas membuat laporan tersebut minggu ini 1 jam.
Dengan ada nya target ini akan membuat anda lebih terpacu kembali.

Keuntungan lainnya adalah jika anda sudah mengetahui waktu berapa lama anda mengerjakan tugas ini dapat membantu dalam negosiasi saat atasan anda memberikan tugas baru, namun jika dalam list tugas tugas kamu masih banyak yg harus dikerjakan sebaiknya anda meminta keringanan, misalnya penambahan waktu.
Ingat jangan menyanggupi pekerjaan jika anda tidak yakin menyelesaikannya. Bukan berarti ditolak namun kalian cobalah jelaskan kepada atasan kalian apa kesulitan kalian, tentu saja jika atasan kalian bijak ia akan memberikan cara untuk membantu kalian agar dapat menyelesaikan tugas (kuncinya komunikasi)


3.Ciptakan Metode

  Jika anda mengalami kesalahan dalam melaksankan tugas itu adalah hal yg lumrah, semua orang pasti pernah melakukannya...termasuk saya..
Namun jika kesalahan tersebut terjadi berulang ulang tentu pasti ada yang tidak beres dengan diri anda.
Coba buat lah list kesalahan yang sering terjadi, lalu buat lah punishment (hukuman) anda harus tegas pada diri anda. Buat lah semacam aturan jika anda melakukan kesalahan anda harus membuat sebuah hukuman. Dengan adanya ini, anda akan dididik untuk berhati-hati dalam melaksanakan tugas. Namun jangan lupa buat juga peraturan reward (hadiah) jika anda berhasil melaksanakan tugas dengan baik.

Cara selanjutnya adalah...
Sebagai tindakan pencegahan buat lah metode..contoh jika anda sering melakukan kesalahan menginput tanggal maka buatlah agar, pertama kali yang anda input adalah tanggal, jika anda selalu salah dalam meletakan dokument buatlah semacam form atau map tempat meletakan dokumen..pada intinya buatlah beberapa metode yang dapat membantu anda agar tidak terjadi kesalahan. Tapi tetap, kucinya sih anda harus lebih fokus.


4.Tingkatkan Kemampuan Diri

Langkah ke empat tentu setiap orang pasti punya kekurangan, seperti halnya saya di awal-awal saya menjadi admin saya memiliki kemampuan yg minim di bidang komputer hal ini membuat saya cukup memerlukan waktu dalam menyelesaikan tugas.
Maka inilah tanda bagi saya untuk meningkatkan kemampuan komputer saya. Setiap harinya saya meluangkan waktu untuk belajar menggunakan komputer, kuncinya adalah pahamilah  bahwa komputer itu di ciptakan oleh manusia maka sebenarnya manusialah yg lebih pintar dari komputer. Karenanya saya mulai belajar rumus- rumus excel dan cara membuat grafik untuk menunjang saya dalam menyelesaikan tugas.
Kuncinya jika anda seperti saya memiliki sifat pelupa ada baiknya apa yg sudah anda pelajari catat dalam buku catatan anda dan jangan lupa pergunakanlah rumus- rumus excel yang telah anda pelajari dalam mengerjakan tugas sehari-hari untuk membuat anda tidak mudah lupa.

Huft...hehehe banyak sebenarnya yang masih ingin saya bagi, namun cukup dulu ya..biar membuat kalian penasaran lagi.

So jangan lupa ya kunjungi blog saya lagi..jika ada pertanyaan dan tambahan monggo jangan malu..malu...silahkan di isi di kolom komennya ..

Bye..bye...









Tidak ada komentar:

Posting Komentar